Minggu, 16 September 2012

Tata Rias | Seri I Artistik Dalam Teater

Salah Satu Contoh Make-Up Karakter
Membicarakan artistik dalam teater sangatlah menarik sebab hal ini merupakan salah satu unsur yang tidak bisa diabaikan dalam sebuah pertunjukan. Artistik yang dibicarakan di sini meliputi beberapa bagian, yaitu: Tata Rias, Tata Busana, Tata Cahaya, Tata Panggung, dan Tata Suara.
Sebuah buku sederhana yang berjudul Bahan Diklat Bidang Materi teater yang diterbitkan Dinas Dikbud Tabalog SMK I Tanjung tahun 2009 memaparkan tata artistik, yang disajikan secara gamblang sebagai berikut:

Tata rias dalam teater mempunyai arti lebih spesifik, yaitu seni mengubah wajah untuk menggambarkan karakter tokoh. Tata Rias dalam teater bermula dari pemakaian kedok atau topeng untuk menggambarkan karakter tokoh. Contohnya, teater Yunani yang memakai topeng lebih besar dari wajah pemain dengan garis tegas agar ekspresinya dapat dilihat oleh penonton. Beberapa teater primitif menggunakan bedak tebal yang biasa dibuat dari bahan-bahan alam, seperti tanah,tulang, tumbuhan, dan lemak binatang. Pemakaian tata rias akhirnya menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari peristiwa teater.

Tokoh dalam teater memiliki karakter berbeda-beda. Penampilan tokoh yang berbeda-beda membutuhkan penampilan yang berbeda sesuai karakternya. Tata rias merupakan salah satu cara menampilkan karakter tokoh yang berbeda-beda tersebut. Tata rias dalam teater memiliki fungsi seperti menyempurnakan penampilan wajah, menggambarkan karakter tokoh, memberi efek gerak pada ekspresi pemain, menegaskan dan menghasilkan garis-garis wajah sesuai dengan tokoh, dan menambah aspek dramatik. Tata Rias memiliki jenis-jenis antara lain Tata Rias Korektif, Tata Rias Fantasi, dan Tata Rias karakter. Bahan yang diperlukan dalam tata rias meliputi Cleanser, Astringent, Concealer, Foundation, Losse Powder, Compact Powder, Blush on, Kosmetik Bibir (Lipliner dan Lipgloss), Kosmetik Mata (Eye shadow atau perona mata, Eyeliner, Maskara, dan Pensil Alis), serta Body Painting. Sementara untuk Peralatan Tata Rias yang memiliki fungsi yang sangat khusus untuk merias bagian yang sangat khusus seperti alis, bulu mata, dan lain sebagainya terdiri dari Sikat Alis, Sikat Bulu Mata, Kuas Alis, Kuas Eyeliner, Kuas Bibir, Kuas Concealer, Kuas Eye Shadow, Kuas Kipas, Kuas Shading, Kuas Blush On, Kuas Powder, Velour Powder Puff, Spon Wajik, Spon Bundar, Aplikator Berujung Spon, Pinset, Gunting, Pencukur Alis, dan Penjepit Bulu Mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar