Minggu, 21 Februari 2016

Jangan Terbitkan Berita Mentah

Bagi yang menekuni dunia pers, sebaiknya berhati-hati ketika menerima konsep berita yang dikirim mitra kerja. Kalau tak mau repot dan cari gampang, banyak wartawan yang terjebak 'terima mentah' dan cepat mengeksekusinya sebagai berita yang akan atau siap diterbitkan. Pengalaman yang saya bagikan kali ini barangkali juga penting untuk jadi bahan refleksi bagi mereka yang bekerja di bidang Hubungan Masyarakat (Humas) dari sebuah instansi atau kantor.

Hari Minggu (21/02), kemarin, saya ditelepon Kepala Disparbud Kota Manado Hendrik Warokka. Dia bilang kalau ingin mengirim konsep berita untuk Kawanua Post, tempatku bekerja. Saya kemudian mengirim alamat email melalui layanan Short Message Service (SMS), untuk menerima kiriman konsep berita.


Setelah menerima dan baca kiriman di email, saya berani menduga, Hendrik hanya jadi pihak yang mengirimkan konsep berita itu, sedangkan penyusunnya orang lain. Begini konsep beritanya:


Promo Wisata Manado Bergaung Seminggu di Eropa ///jdl
Warokka & MTB Sukses Gandeng Adventure Indonesia Grup ///sub jdl

MANADO - Meski baru kurang lebih 5 bulan dibentuk, peran promosi menaikkan citra pariwisata Kota Manado ngotot dilakukan Badan Promosi Pariwisata Manado atau yg lebih dikenal dgn nama Manado Tourism Board (MTB).

Terbukti, setelah menggelar serangkaian event dan.program promosi, termasuk diantaranya menghidupkan kawasan wisata Bendar Manado, MTB bersama Kadis Pariwisata Manado Hendrik Warokka sukses melobi Color Indonesia dalam naungan  PT Adventure Indonesia. Color merupakan salah satu perusahan travel agent sekaligus Profesional Conference Organizer (PCO) dan Tourism and Hospitality Management terbesar di Indonesia.

Sebab, dari pertemuan yg dilakukan Warokka dan Direktur Eksekutif MTB Dino Gobel di Jakarta pd sabtu (20/2) dengan Achmad Sufyani selaku CEO PT Adventure Indonesia, terungkap tiga kesepakatan yaitu Adventure melalui Color Indonesia akan.mempromosikan pariwisata Manado selama sepekan di iven pameran wisata dunia bernama International Tourism Berlin, Jerman. Tak itu saja. Sebab menurut Sufyani yang mantan managing director Panorama Indonesia ini, selama sepekan di Berlin, pihaknya juga akan mengadakan road show promo ke kantung-kantung wisatawan di beberapa kota di Eropa. "Saat itulah, promo tentang pariwisata Manado akan kami gencarkan," kata Sufyani. IT Berlin akan dilaksanakan 9 sd 13 Maret 2016 ini.

Senada Sufyani, owner Adventure Indonesia Monty Sorongan menegaskan kepastian promo Manado tersebut. "Sebagai putra asli Sulut yg puji Tuhan berkiprah di pariwisata dunia ini, saya dan team akan mempromisikan Manado secara gratis. Silakan Pemkot. MTB dan masyarakat memanfaatkan momentum ini," kata Monty Sorongan. Monty juga menyatakanselama beberapa kali mengikuti IT Berlin dan pameran2 wisata dunia, Adventure selalu memiliki stand yang berdiri sendiri dan berada di.lokasi strategis.
Kesepakatan kedua yg dicapai dari.pertemuan itu adalah Adventure melalui Color akan mengadakan beberapa program wisata yg difasilitasi Dispar dan MTB.

Hendrik Warokka mengaku bangga dan haru terhadap dukungan Adventure Indonesia. "kalau semua putra Sulut yg sukses di luar daerah mau mensuport daerahnya wah luar biasa," tegas Warokka yang menyatakan terima kasihnya. Terpisah, Dino Gobel selaku Direktur Eksekutif MTB menyatakan kesepakatan yang dicapai dengan grup Adventure merupakan bukti tugas MTB sebagaimana diamanatkan Undang Undang nomor 10 thn 2009, yaitu wajib meningkatkan citra pariwisata Manado dan ikut meningkatkan angka kunjungan wisata ke daerah  sudah dan akan terus dilaksanakan.

"Mari majukan pariwisata Manado" katanya.***


Setelah coba mempelajari kiriman konsep berita tersebut. Ada banyak hal yang harus dibenahi. Termasuk penjelasan tentang ITB Berlin. Kiriman konsep berita yang sama rupa-rupanya dikirim juga ke sejumlah media lain. Pasalnya, saat mengetikkan kata kunci PT Adventure Indonesia di google, muncullah berita tentang hal itu yang dimuat beberapa media online. Parahnya, ada media yang mengabaikan faktor 'memasak berita'. dan memuat mentah-mentah kiriman konsep berita tersebut. Di bawah ini contoh berita yang sudah saya edit dan diterbitkan di harian Kawanua Post edisi Senin, 22 Februari 2016. Silahkan dibandingkan.


Siap Bergaung Seminggu di ITB Berlin ///jdl
Promo Wisata Manado Gandeng Adventure Indonesia ///sub jdl

MANADO – Pariwisata Kota Manado siap dipromosikan dalam Internationale Tourismus-Börse (ITB) Berlin, Jerman, 9 hingga 13 Maret 2016 mendatang. Kesempatan memamerkan potensi pariwisata dalam ajang pameran wisata dunia tersebut merupakan salah satu point dari kesepakatan kerja sama yang dihasilkan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Manado dan Badan Promosi Pariwisata Manado atau Manado Tourism Board (MTB) dengan Adventure Indonesia.

Kepala Disparbud Kota Manado Hendrik Warokka mengatakan, dari hasil lobi yang dilakukan bersama MTB di Jakarta, Sabtu (20/02), akhir pekan lalu, Achmad Sufyani selaku Chief Executive Officer (CEO) Adventure Indonesia telah sepakat mempromosikan pariwisata Kota Manado ke Eropa melalui Color Indonesia, salah satu perusahan travel agent yang dibawahinya. Color Indonesia ini merupakan Profesional Conference Organizer (PCO) serta Tourism and Hospitality Management terbesar di Indonesia. Color Indonesia juga dipastikan akan mengadakan beberapa program wisata yang difasilitasi Disparbud Kota Manado dan MTB.

“Color Indonesia akan.mempromosikan pariwisata Kota Manado selama sepekan di event pameran wisata dunia bernama ITB Berlin, Jerman,” ujar Hendrik saat dihubungi wartawan KAWANUA POST, Minggu (21/02), kemarin.

Dalam pertemuan yang ikut dihadiri Direktur Eksekutif MTB Dino Gobel, Kepala Disbudpar Kota Manado menjelaskan bahwa Adventure Indonesia juga akan mengadakan road show promo ke kantung-kantung wisatawan di sejumlah kota di Eropa.

“Di saat itulah promosi tentang pariwisata yang ada di Kota Manado akan kami gencarkan,” kata Hendrik menirukan ucapan CEO Adventure Indonesia.

Sementara itu, owner PT Adventure Indonesia Monty Sorongan menegaskan, sebagai putra asli Sulawesi Utara (Sulut) yang telah lama berkiprah di pariwisata dunia, akan mendukung penuh upaya promosi pariwisata dari Disbudpar Kota Manado dan MTB.

“Saya dan team akan mempromosikan Manado secara gratis. Silakan Pemkot Manado, MTB dan masyarakat memanfaatkan momentum ini,” kata Monty.

Adventure Indonesia, jelas Monty, selalu memiliki stand yang berdiri sendiri dan berada di.lokasi strategis selama beberapa kali mengikuti ajang ITB Berlin dan pameran-pameran wisata dunia lainnya.

Kepala Disparbud Kota Manado mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan Adventure Indonesia bagi pengembangan dunia pariwisata daerah.

“Kalau semua putra Sulut yang sukses di luar daerah mau menyuport daerah asalnya, akan sangat luar biasa,” papar Hendrik bersemangat.

Direktur Eksekutif MTB Dino Gobel menyatakan, kesepakatan yang dicapai dengan Adventure Indonesia merupakan salah satu bukti terlaksananya tugas MTB sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 10 tahun 2009, yaitu wajib meningkatkan citra pariwisata Manado dan ikut meningkatkan angka kunjungan wisata ke daerah.

“Mari terus majukan pariwisata Manado,” tandas Dino.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar